RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : ...............................
Kelas
/ semester : 1 / 2
Tema /
topik : Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan
ke : 1
Semester :
2 (dua)
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1.1 Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk
pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1 Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2 Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.1
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3..
Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2..
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup
sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan
istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh
agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan
dan bermain di lingkungan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang
lain dengan penuh perhatian dan
mengajukan pertanyaan
4.3
Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti
dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil
sampai terbesar
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda
saat jam belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun
ruang menggunakan benda-benda yang ada
di sekitar ruah, sekolah, atau
tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau
media lainnya
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama
pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.1 Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud
rasa syukur kepada Tuhan
2.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri
dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
C.
INDIKATOR
AGAMA
1. Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2. Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3. Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4. Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1. Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Memberikan
contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari – hari di rumah.
3. Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4. Melaksanakan
tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.
Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4.
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
5.
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.
Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9. Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10. Menyebutkan urutan peristiwa
11.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan
kata yang tepat
14.
Berposisi duduk secara benar
15. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16. Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. Menata dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2.
Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3.
Menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI
BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.
Memiliki
kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni
sebagai anugerah Tuhan
3.
memperhatikan
lingkungan sekitar secara seksama
4.
merawat
lingkungan sekitar secara sadar
5.
menunjukkan
kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Mengenal judul lagu dan iringannya
D.
TUJUAN
1. Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2. Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3.
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan
kata yang tepat
6. Menata dengan
rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
9. Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
10. Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan
lingkungan sebagai anugerah Tuhan
E.
MATERI
AGAMA
1. Bacaan do’a sebelum belajar
2. Bacaan do’a sesudah belajar
3. Sikap berdo’a sebelum belajar
4. Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1. Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat
berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3. Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari hari di
sekolah.
4. Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib
di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.
Sikap
duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.
Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4.
Lafal
teks doa dengan jelas
5.
Lafal &
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.
Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.
lingkungan sehat dan tidak sehat
9. Nama-nama tempat dalam cerita
10. Urutan peristiwa
11.
Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.
Lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang
tepat
14.
Posisi duduk secara benar
15. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16. Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. Dengan
mengamati cara penataan
benda di sekitar, siswa dapat menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2. Dengan
mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat
memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan
untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. Dengan
mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI,
BUDAYA, DAN DESAIN
1. Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
3. Lingkungan sekitar secara seksama
4. Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5. Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Lagu Lihat
Kebunku
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak
4.
Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT
PAGI GURU”
5.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
6.
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang
telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara
kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7.
Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
|
10 menit
|
|
Inti
|
1.
Menayangkan gambar tentang lingkungan bersih dan sehat dan lingkungan rumah yangtidak
bersih /tidak sehat. (eksplorasi,
mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar rumah
sehat mencakup ciri-ciri:
·
Rumah kecil dengan ventilasi cukup
·
Ada teras rumah
·
Ada halaman cukup
·
Taman mungil yang asri
·
Tidak ada sampah yang bertebaran
·
Di pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman
(ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri:
·
Tidak memiliki ventilasi yang cukup
·
Tidak memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan
raya
·
Tidak memikliki taman atau tanaman hijau
·
Tidak terdapat alat-alat kebersihan
·
Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban
berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
|
|
2.
Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak
sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·
Mendengarkan jawaban siswa
tentang rumah yang bersih
sehat dan yang
tidak bersih dan tidak sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh
salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan
jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab dan
sikap siswa dalam memberikan
klarifikasi tentang benar dan
tidaknya jawaban.
|
|
|
3.
Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU
(membaca, mendengar)
4.
Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS: jedanya,
lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar),
semua siswa menirukan cara membaca dengan benar
5.
Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk
membaca TEKS
·
(penilaian proses : Memperhatikan
cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
·
Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan
langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain
6.
Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar )
7.
Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta
membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri,
(rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi
dan elaborasi, menyimak dan menalar)
|
|
|
|
8.
Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku/2
orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor
di meja guru. (nomor merupakan penanda dari kelompok)
9.
Siswa berkelompok sesuai dengan
nomor yang dimiliki.
10.
Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok
11.
Masing-masing siswa diminta
untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda
yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi,
elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
12.
Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi
kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
13.
Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku,
diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS)
|
|
|
|
|
Penilaian proses:
a.
Guru berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.
Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya,
ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.
Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|
|
Gambar-gambar
untuk Example non Example
Kelompok
gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok
gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar
kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
Keterangan:
Diharapkan
diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas,
rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan
lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan
bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan
berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari
sikap bertanggung jawab.
|
|
|
|
|
14.
Semua kelompok mengamati, memikirkan
dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
15.
Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusinya (mengkomunikasikan
dan konfirmasi),
Memberi
kesempatan kelompok lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
|
|
16.
Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak
nyamuk dirumahku” untuk
mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair
lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|
|
|
17.
Guru mengajak bertanya jawab tentang
makna lagu. Bahwa salah satu dampak
dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat,
mendatangkan penyakit. Dsb
|
|
|
|
18.
Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
(mengkomunikasikan)
|
|
|
|
Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|
|
|
19.
Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan
tentang rumah yang bersih dan sehat
|
|
|
|
20.
Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa
ditempel di papan yang
|
|
|
|
|
Dilanjutkan
dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat
|
|
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
|
15 menit
|
|
2.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
|
|
|
|
4.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|
|
|
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri
anak
·
Lingkungan
keluarga
·
Lingkungan
sekolah
·
Buku
Tematik Kelas I
·
Buku Pengembangan
Diri Anak
·
Video/slide/gambar
tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting,
lipat dan tempel
·
Gambar/contoh
langsung karya cetak dengan berbagai
bahan alam dan bentuk
·
Gambar/contoh
langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan
alur sederhana
·
Buku
kirigami (seni mengunting)
·
Buku
Pengembangan Diri Anak
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda
· Isian singkat
· Esai atau uraian
Mengetahui
Guru
Kelas 1
Kepala
Sekolah,
....................................... .......................................
NIP
............................................. NIP ........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar